Deretan Jet dan Kendaraan Tempur Bekas Militer Dijual Bebas guna Sipil

0 Comments


Setiap negara selalu mengerjakan peremajaan alutsista, tergolong pesawat dan kendaraan tempur militer. Apalagi guna pesawat tempur yang usianya telah tak muda lagi. Butuh penyegaran dan diganti yang lebih modern. Lalu bagaimana bekas kendaraan tempur lama dan tua? Ternyata sejumlah negara menjualnya ke sipil.

Seperti Rusia, tahun 2018 kemudian mereka menawarkan kendaraan tempur T-34, suatu tank di era Perang Dunia II. Tank ini mempunyai mesin diesel 12-silinder dan dihargai USD 190.500. Di samping itu, dipasarkan pula tank T-72, T-64 atau T-80 dengan harga USD 335.000 sampai USD 564.000.

Untuk kriteria membelinya pun tak sulit. Pembeli melulu harus mempunyai surat izin mengemudi eksklusif tank. Tapi bila pembeli bermukim di Rusia, maka surat mengemudi truk telah cukup.

Tak melulu Rusia yang memasarkan tanknya, masih terdapat kendaraan-kendaraan tempur beda bekas militer yang juga dipasarkan bebas pada sipil. Inilah kendaraan-kendaraan tempur itu:

  1. Pesawat Latih Tucano Merdeka.com – Pesawat latih dasar turboprop dengan dua kursi ini diciptakan oleh Short Brothers di Irlandia Utara. Royal Air Force ialah operator utamanya. Terkadang pesawat ini diekspor ke Kenya dan Kuwait. Tucano kesatu kali diterbangkan tahun 1986 dan Tucano dikirim ke Angkatan Udara Kerajaan guna kesatu kalinya pada tahun 1988.Tucano beroperasi khususnya di RAF Linton-on-Ouse. Biasanya pesawat ini dipakai sebagai pelajaran dasar terbang cepat. Siswa mesti menerbangkan Tucano selama 130 jam sebelum melanjutkan ke pelajaran pesawat Hawk T2.

Namun pesawat ini telah mulai jarang digunakan. Kini Tucano dipasarkan seharga USD 1,3 juta.

  1. Sukhoi SU-7 Merdeka.com – Sukhoi SU-27 era Soviet menjadi pesawat terbang yang dipasarkan kepada penduduk sipil. Pesawat militer ini diciptakan oleh Rusia untuk berlomba dengan F-14 dan F-15 Generasi Keempat. SU-27 mempunyai mesin kembar, dan kecepatan tertinggi Mach 1.8.SU-27 mempunyai “tubuh” 10 kali lebih panjang dan 5 kali lebih lebar dari pesaingnya, F-15. Bahan bakarnya sedang di dalam, sampai-sampai versi SU-27 ialah paling enteng dan tercepat dari jenisnya. Kini penduduk sipil dapat mempunyai Sukhoi SU-27 dengan harga selama USD 5 juta.
  2. F-104 Starfighter Merdeka.com – F-104 “Starfighter” kepunyaan Lockheed kesatu kali diperkenalkan pada akhir 1950-an dan aktif dalam militer di semua dunia hingga mula 2000-an. Beberapa negara menerbangkan F-104 Starfighter, laksana Amerika Serikat, Italia, Jerman, Turki, dan Spanyol.Kini pesawat militer tersebut sudah pensiun dari pemakaian militer dan dapat dibeli oleh pembeli swasta. Starfighter dikembangkan dengan pertolongan insinyur aeronautika terkenal, Kelly Johnson. Ia pun terlibat dalam pengembangan pesawat mata-mata U-2 dan Blackbird SR-71. Pesawat ini terbukti paling mematikan guna beroperasi. Meskipun demikian, menurut keterangan dari FAA, terdapat sepuluh Starfighters F-104 milik individu di AS. Tiga di antaranya ialah pesawat militer kepunyaan tim demonstrasi sipil, Starfighters Inc. dari Clearwater, Florida. Pada tahun 2011, terdapat F-104 yang diperbaiki. Meskipun tidak bermesin, F-104 dipasarkan di Inggris dengan harga 25.000 poundsterling.
  3. Aero L-39 Albatros Merdeka.com – Pesawat militer “warbird” L-39 Albatros dikembangkan oleh Aero Vodochody di Cekoslowakia sebagai pesawat latihan. Pesawat ini menjadi jet train Generasi Kedua yang diproduksi. Di samping itu, Albatros menjadi pesawat militer yang digilai sipil.Alasannya, sebab desain ramping dan mudah mengerjakan perawatan dan pengoperasian. Pesawat ini mempunyai panjang 40 kaki dengan lebar sayap 31 kaki. Pesawat ini dipasarkan sekitar USD 150.000.
  4. UH-1 Huey Merdeka.com – UH-1 Huey ialah salah satu helikopter militer yang paling tidak sedikit digunakan di dunia. Helikopter ini pernah ikut dalam sekian banyak perang, salah satunya perang Vietnam.Beberapa varian Huey beraksi sebagai MedEvac, lantas sebagai pengangkut barang atau pasukan, dan sejumlah terlibat dalam serangan udara. Kecepatan jelajahnya selama 125 mil per jam dan kru terdiri dari antara 1 dan 4 orang, tergantung pada varian.

Karena telah sangat tidak sedikit “jasa” UH-1 Huey, lumrah saja andai dibanderol dengan harga selama USD 500.000. Namun guna versi teranyar Huey, pesawat ini dipasarkan sekitar USD 25 juta per heli.